Jasa Percetakan Digital yang kini makin berkembang dengan pesat di berbagai daerah, akan tetapi banyak orang yang masih bingung ketika mendengar offset printing dengan digital printing. Padahal pemahaman akan keuntungan dan kerugian jika menggunakan cara percetakan digital dengan percetakan offset tentu sangat penting dalam menentukan kualitas hasil cetak.

   Ada beberapa perbedaan antara Offset Printing dan Digital Printing sebagai berikut :

Offset Printing

   Percetakan yang biasa digunakan hanya untuk keperluan komersial dan biasanya hanya untuk jumlah cetakan yang banyak. Ciri yang paling khas dari percetakan offset ini adalah penggunaan film dan plat cetak yang terbuat dari alumunium plate. Plat cetak dimanfaatkan sebagai media document yang akan dicetak ke permukaan kertas, plastik dan proses pembuatan memakan waktu lama. Namun dokumen yang akan dicetak akan diisi tinta dari roll mesin. Untuk masalah harga Offset Printing terkenal mahal yang ditentukan dari volume cetakan,pelat dan film. Satu pelat mewakili satu bidang dokumen,satu warna dan jenis. Maka semakin banyak jenis dokumen dan warna maka biaya yang harus dibayar semakin banyak. Untuk kualitas warna pada hasil cetak tahan lama dan tidak cepat pudar.

Digital Printing

   Percetakan Digital merupakan kebalikan dari Offset Printing khususnya pada proses, digital printing tidak menggunakan pelat dan film sebagai media cetak, tetapi sudah menggunakan teknologi komputerisasi. Untuk harga Digital Printing jauh lebih murah dibanding Offset Printing karena tidak ditentukan volume cetakan. Untuk proses sendiri anda hanya perlu memiliki desain sendiri dan bisa langsung dicetak sesuai kebutuhan. Lama tidaknya proses hanya ditentukan oleh banyaknya jumlah yang akan dicetak. Ketajaman dan kejernihan pada hasil cetak ditentukan oleh kualitas desain yang dibuat.