Kenapa kita perlu tahu jenis kertas dan apa untungnya buat kita? Kadang kita tidak terlalu menganggap hal ini sebagai masalah yang serius, tetapi kita harus tahu jenis kertas sebagai media cetak produk kita agar hasil sesuai dengan apa yang kita harapkan. Contoh mudahnya adalah jenis kertas untuk cover buku dan isi buku tentu sudah sangat berbeda, jika anda salah memilihnya maka hasilnya tidak maksimal. Berikut adalah jenis kertas didalam industri percetakan :

1. HVS

HVS merupakan singkatan dari bahasa belanda yang berarti "Houtvrij Schrifpapier"yang artinya kertas tulis bebas serat kayu. Kertas ini memilikitekstur cukup kasar dan sering digunakan untuk mencetak dokumenKertas ini berwarna putih polos di keduasisinyaKertas HVS memiliki varian gramatur dari 60 gram hingga 100 gram. Kertas ini cocok digunakan untuk pembuatan isi buku, kop surat, dokumen arsip, laporan skripsi dll.

2. Art Paper

Kertas yang sering digunakan pada percetakan offset dan digital. Kertas jenis ini memilikikarakteristik berkilau dan bisa ditambahkan finishing menggunakan doff, glossy, maupun dengan UV. Biasanya, Art Paper digunakan sebagai bahan untuk mencetak poster, brosur/flyer namun tidak menutup kemungkinan untuk mencetak sampul majalah. Kertas jenis ini memiliki varian gramatur dari 100 gram hingga 150 gram.

3. Art Karton

Art Karton memiliki karaktersitik serupa dengan jenis kertas Art Paper.  Namun, yang membedakan Art Karton dengan Art Paper adalah ketebalannya. Kertas Art Karton memiliki varian ketebalan mulai dari 180 gram hingga 400 gram. Kertas ini biasanya digunakan untuk membuat kartu nama, majalah, sampul buku, undangan, kalender dll

4. Matt Paper

Secara kasat mata, Matt Paper  memiliki bentuk yang serupa dengan Art Paper. Namun, jika dilihat lebih detail, kertas ini memiliki perbedaan mendasar pada permukaan, yakni tidak berkilau. Matt Paper sering digunakan untuk mencetak majalah karena bisa memberi nuansa doff. Hal lain yang membuat kertas jenis ini sering digunakan adalah karena Matt Paper lebih cepat meresap tinta dibandingkan dengan kertas Art Paper.

5. Ivory

Hal yang menarik dari kertas Ivory adalah kertas jenis ini seperti gabungan dari Art Carton dengan Matt Paper karena memiliki sisi yang berkilauan dan doff di sisi lain. Karena karakteristik inilah kertas ini menjadi populer untuk dijadikan katalog. Kertas Ivory memiliki variasi gramatur dari 210 gram hingga 400 gram.

6. Kertas Bertekstur

Kertas bertekstur seperti Linen, Coronado, Rajawali sering digunakan sebagai media cetak untuk pembuatan kartu nama, kartu undangan, sertifikat, paperbag dll.

 

Jenis kertas diatas hanya sebagian saja yang digunakan dalam industri percetakan, secara umum pemilihan jenis kertas sangat penting karena dapat menentukan hasil cetak.